Mengenal Notebook

BAB 1. Mengenal Notebook, bagian bagiannya dan cara kerjanya.
bagian bagian notebook

1.1 LCD (Liquid Ctystal Display)
LCD adalah singkatan dari "Liquid Crystal Display." LCD adalah layar tipis pada komputer Notebook dan monitor panel layar datar. LCD yang lebih kecil lagi,digunakan dalam TV genggam, PDA, dan perangkat video game portabel . Gambar pada layar LCD yang hasilkan oleh sandwiching an electrically,yaitu zat reaktif listrik antara dua elektroda. warna pada zat ini dapat diubah dengan meningkatkan atau mengurangi arus listrik.layar LCD didasarkan pada prinsip bokir cahaya  (rather than emitting it),Menggunakan power yang lebih rendah dari CRT standar (Cathode-Ray Tube) monitor.
Layar LCD memanfaatkan dua lembar material polaris dengan larutan kristal cair di di dalamnya. Arus listrik yang melewati cairan menyebabkan kristal  menyelaraskan sehingga cahaya tidak dapat melewati cairan.
1.2  LED (Light Emitting Diodes)
LED adalah komponen elektronik yang membiarkan melewati listrik satu arah. yang memancarkan cahaya ketika listrik diterapkan, seperti bola lampu.LED banyak sisi-by-side, mereka dapat membuat gambar,namun Led menggunakan power lebih besar daripadalcd. Perbedaan LED dengan LCD yaitu tidak lagi membutuhkan inverter.
1.3 Inverter (Digunakan hanya untuk LCD)
Inverter adalah perangkat elektronik yang mengubah DC (arus searah).menaikkan daya yang lebih besar untuk memberikan power yang cukup bagi LCD backligt.jika inverter rusak,LCD backlight tidak akan menyala dan Lcd akan terlihat gelap.
1.4 LCD/LED CABLE
Kabel LCD juga dikenal sebagai kabel video, kabel display atau kabel layar. Kabel ini berfungsi mentransfer sinyal data dari motherboard dan kartu video ke layar LCD.
Berikut susunan standar LCD kabel:
Pin 1     RED (Red video)
Pin 2     GREEN(Green video)    
Pin 3     BLUE (Blue video)     
Pin 4     ID2/RES (formerly Monitor ID bit 2, reserved since E-DDC)     
Pin 5     GND (Ground (HSync)     
Pin 6     RED_RTN(Red return)    
Pin 7     GREEN_RTN(Green return)     
Pin 8     BLUE_RTN(Blue return)     
Pin 9     KEY/PWR(formerly key, now +5V DC)     
Pin 10     GND (Ground (VSync, DDC)     
Pin 11     ID0/RES(former( Monitor ID bit 0, reserved since E-DDC)     
Pin 12     ID1/SDA (formerly Monitor ID bit 1, I²C data since DDC2)     
Pin 13     HSync (Horizontal sync)     
Pin 14     VSync (Vertical sync)     
Pin 15     ID3/SCL(formerly Monitor ID bit 3, I²C clock since DDC2)
1.5 Internal Camera
1.6 Microphone (optionable)
1.7 WiFi Cable Antena
Adalah penangkap/penguat gelombang radio untuk menyediakan nirkabel kecepatan tinggi dan koneksi jaringan internet.
1.8 Keyboard
Seperti namanya, keyboard pada dasarnya adalah sebuah papan kunci. Seiring dengan mouse, keyboard adalah salah satu perangkat input utama yang digunakan dengan komputer. Desain keyboard berasal dari mesin tik keyboard asli, yang mengatur huruf dan angka dengan cara menyusun jenis-bar sehingga menghindarkan macet saat mengetik dengan cepat. Tata letak keyboard yang dikenal sebagai desain QWERTY, yang mendapatkan namanya dari enam huruf pertama di dalam sudut kiri keyboard.
Sementara desain keyboard komputer mungkin berasal dari mesin tik, keyboard saat ini memiliki kunci lain juga.disebut dengan Modifier kunci, seperti Control, Alt / Option Command, dan (Mac) atau tombol Windows (Windows) dapat digunakan bersama dengan tombol lain sebagai "jalan pintas" untuk melakukan operasi tertentu. Sebagai contoh, menekan Command-S (Mac), atau Control-S (Windows) biasanya menyimpan dokumen atau proyek yang Anda kerjakan. Kebanyakan keyboard komputer saat ini juga memiliki deretan tombol fungsi (F1-F12) sepanjang bagian atas keyboard, tombol panah juga diatur, dengan keypad numerik di sisi kanan. Beberapa keyboard memiliki tombol bahkan lebih, memungkinkan dan memudahkan untuk mengubah volume sistem, keluarkan CD, atau program yang terbuka seperti e-mail atau browser Web.


1.9 Power Swicth (optional)
Power swicth adalah saklar penghidup (on-off) pada Notebook yang memerintahkan bios chip untuk menghidupkan Notebook atau memulai prosedur shutdown.Untuk Notebook motherboard tertentu, power switch sudah terintegrasi di dalam boardnya.
1.10 Led Indicator (optional)
Led indikator adalah Lampu monitoring,berfungsinya power, hardisk, dan device lainnya. Untuk Notebook motherboard tertentu, lampu indikator sudah terintegrasi di dalam boardnya.
1.11 Optical Device (DVD/CD Drive)
Adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca media DVD/CD mentransfer data ke harddisk, mengkopi baik dari media ataupun sebaliknya atau hanya untuk memutar cd lagu atau film. Biasanya netbook tidak difasilitasi dengan device ini.
1.12 Harddisk
Hard disk adalah bagian dari Notebook, sering disebut "disk drive," "hard drive," atau "hard disk drive," yang menyimpan dan menyediakan akses yang relatif cepat ke sejumlah besar data pada permukaan elektromagnetik . Komputer saat ini biasanya datang dengan hard disk yang berisi beberapa miliar byte (gigabyte) penyimpanan.
Sebuah unit disk / hard drive  dengan kecepatan rotasi yang ditetapkan bervariasi 4500-7200 rpm. Disk waktu akses diukur dalam milidetik. Meskipun lokasi fisik dapat diidentifikasi dengan silinder, track, dan lokasi sektor, ini sebenarnya dipetakan ke alamat blok logis (LBA) yang bekerja dengan rentang alamat yang lebih besar pada hard disk saat ini.
1.13 RAM
Random Access Memory atau RAM paling sering mengacu pada chip komputer yang menyimpan data sementara  dinamis untuk meningkatkan kinerja komputer. Dengan menyimpan file yang sering digunakan atau aktif di memori akses, komputer dapat mengakses data lebih cepat darinya daripada untuk mengambilnya dari drive jauh lebih besar. Random access memory  juga digunakan dalam printer dan perangkat lainnya.
Random access memory adalah memori volatile, yang berarti kehilangan isinya begitu power computer dimatikan.berbeda dari non-volatile memori seperti hard disk dan flash memory, yang tidak memerlukan sumber daya untuk menyimpan data. Ketika komputer dimatikan dengan benar, semua data yang terletak di memori  berkomitmen untuk penyimpanan permanen pada hard drive atau flash drive. Pada  boot-up berikutnya, RAM mulai mengisi dengan program secara otomatis dimuat pada saat startup, dan mengingat file yang dibuka oleh pengguna.
Ada beberapa tipe chip memori (RAM) yang isebut dengan memori “sticks” yaitu sebuah papan sirkuit kecil berbentuk seperti tongkat  permen.semakin besar kapasitas memori semakin besar pula daya ingat memori tersebut dalam mengakses data.
1.14 WiFi Card
Nama sebuah teknologi jaringan nirkabel  yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan nirkabel kecepatan tinggi dan koneksi jaringan internet.
1.15 Modem Card
1.16 Procesor
Prosesor adalah chip yang merupakan otak dari komputer.  juga dikenal sebagai CPU (Central Processing Unit).Prosesor adalah sirkuit logika yang merespon dan memproses instruksi dasar yang menggerakkan komputer. Prosesor di Notebook, komputer  atau tertanam di perangkat kecil sering disebut mikroprosesor.
Microchip ditanamkan pada hard drive CPU memproses instruksi yang dikirimkan kepadanya oleh komputer dan program perangkat lunak. Prosesor ada dalam beberapa ukuran dan diproduksi oleh perusahaan seperti Intel dan Advanced Micro Devices (AMD). Semakin besar kapasitas prosesor gigahertz, semakin cepat komputer akan dapat instruksikan proses. Beberapa perusahaan telah mengembangkan prosesor dual/quad core, yang memungkinkan satu prosesor untuk memproses beberapa instruksi pada waktu yang sama tanpa memperlambat kinerja.
1.17 Bluetooth
1.18 Audio Jack (optional)
1.19 Speaker
1.20 VGA Card
(Video Graphics Array) Sebuah antarmuka analog banyak digunakan antara komputer dan monitor yang menggunakan plug 15-pin dan soket. CRT lebih tua menggunakan VGA, dan flat panel LCD biasanya memiliki kedua VGA analog dan digital DVI. Namun, PC baru mungkin hanya memiliki output DVI atau DisplayPort.
Kartu grafis, juga dikenal sebagai kartu video, akselerator grafis atau kartu layar merupakan  komputer hardware yang mengambil data biner - yaitu, data yang dikompresi ke dalam sistem hanya dua digit, dan 0s 1s - dan mengubah data ini ke dalam gambar yang ditampilkan pada monitor komputer.
Graphics Processing Unit (GPU) cara kerjanya mirip dengan (CPU). Keduanya bertindak sebagai otak untuk menyelesaikan perhitungan yang rumit dan pengolahan instruksi, tetapi GPU dirancang khusus untuk melakukan perhitungan yang diperlukan untuk membuat grafik. Beberapa kartu grafis memiliki GPU dengan transistor lebih dari CPU. Data diolah oleh GPU ini kemudian diteruskan ke perangkat layar luar komputer.
Kartu grafis membuat gambar, membutuhkan memori yang menyimpannya. VRAM adalah video random access memory, yang menyimpan data pada piksel, warna dan lokasi . Frame buffer adalah istilah terkait untuk memuat gambar sebelum  digunakan, meningkatkan kecepatan dan kinerja. VRAM dapat membaca dan menulis ke memori pada saat yang sama
1.21 Motherboard
Dikenal dengan sebutan "system board," "main board" "base board" atau "logic board.Motherboard,menyediakan sambungan listrik dimana komponen-komponen lain dari sistem berkomunikasi satu sama lainnya,juga menghubungkan unit pengolah pusat dan host subsistem lainnya dan perangkat.
Notebook device memiliki mikroprosesor, memori utama, dan komponen penting lainnya yang terhubung ke motherboard. Komponen lain seperti penyimpanan eksternal, pengendali untuk menampilkan video dan suara, dan perangkat periferal dapat terpasang ke motherboard sebagai plug-in kartu atau melalui kabel, Komputer modern telah mengintegrasikan beberapa peripheral ke dalam motherboard itu sendiri .
Motherboard(backplane) menyediakan sambungan/Konduktor  listrik dimana komponen-komponen lain dari sistem berkomunikasi dan  menghubungkan unit pengolah pusat dan host subsistem lainnya .
Notebook komputer memiliki mikroprosesor, memori utama, dan komponen penting lainnya yang terhubung  pada motherboard. Komponen lain seperti  eksternal storage, pengendali untuk menampilkan video dan suara. Perangkat periferal dapat terpasang ke motherboard melalui plug-in card atau langsung terintegrasi pada motherboard melalui onboard chip. Kebanyakan komputer modern sudah mengintegrasikan beberapa peripheral ke motherboard itu sendiri.
Komponen yang penting dari motherboard adalah chipset mikroprosesor pendukung, yang menyediakan antarmuka yang mendukung antara CPU dan berbagai bus dan komponen eksternal. Chipset ini menentukan, ke mana, fitur dan kemampuan dari  sebuah motherboard.
Memahami cara kerja dan struktur komponen pada motherboard adalah langkah awal untuk mampu menganalisa sebuah motherboard bekerja dengan baik atau tidak.Sehingga dengan melihat gejalanya saja kita sudah mampu berasumsi permasalahan terletak pada bagian mana.Pengetahuan ini akan memperkecil ruang analisa yang dapat mempercepat waktu dalam menemukan permasalahan yang terjadi pada motherboard.
Konduktor/Jalur pada sircuit motherboard 
Konduktor adalah penghantar listrik yang menghubungkan antara komponen pada elektronik sircuit pada motherboard.Konduktivitas logam penghantar sangat dipengaruhi oleh unsur – unsur pemadu, impurity atau ketidaksempurnaan dalam kristal logam, ketiganya banyak berperan dalam proses pembuatan penghantar itu sendiri. Unsur – unsur pemandu selain mempengaruhi konduktivitas listrik, akan mempengaruhi sifat – sifat mekanika dan fisika lainnya. Penghantar tenaga listrik, selain mensyaratkan konduktivitas yang tinggi juga membutuhkan sifat mekanis dan fisika tertentu yang disesuaikan dengan penggunaan penghantar itu sendiri.
Konduktor atau jalur pada sircuit elektronik memiliki peranan penting dalam interfacing antar komponen.kerumitan lalu lintas dalam motherboard Notebook membutuhkan schema dalam menentukan arah dan hubungan antar komponen.
Pada materi ini selain diajarkan tentang fungsi komponen dan hubungan komponen dalam sirkuit motherboard,juga diajarkan cara menbaca schema,symbol,letter kode komponen dan permasalahan umum pada sirkuit board untuk memudahkan melihat hubungan antar komponen pada motherboard.
1.22 Power Supply
Power suplay adalah perangkat yang mensuplay energi listrik ke satu atau lebih beban listrik. Istilah ini paling sering diterapkan untuk perangkat yang mengubah satu bentuk energi listrik kepada yang lain. mengontrol tegangan output untuk nilai tertentu, nilai dikendalikan menjadi konstan.
Power Suplay dapat diimplementasikan sebagai perangkat, diskrit yang berdiri sendiri atau sebagai perangkat terpisahkan yang didesain untuk beban dan didalam Notebook motherboard dipergunakan tegangan rendah DC .Kebanyakan Motherboard Notebook memiliki power suplay yang dikemas dalam integrasi sirkuit yang disingkat dengan (PU).chip inilah yang mengatur pembagian suplay tegangan kesemua komponen yang menbutuhkannya.
Selain memiliki chip yg terintegrasi juga memiliki diskrit komponen seperti diode sebagai penyearah,kapasitor sebagai penstabil tegangan.induktor sebagai pendukung integrated sirkuit dan beberapa pendukung power lainnya. Power suplay knowledge meliputi dasar dasar elektronika ,smd komponen(integrated sircuit dan komponen)cara kerjanya,fungsi dan cara mengukurnya serta cara memahami datasheetnya.
1.23 Interface 
Dalam elektronik dan teknik computer, sebuah interface/antarmuka dapat berarti:
-Batasan fisik dari dua subsistem atau alat.
-Sebuah bagian atau sirkuit di beberapa subsistem yang mengirim atau menerima sinyal ke atau  dari subsistem lainnya: seperti antara chip satu dengan chip lainnya.
-Sebuah standar yang menjelaskan sebuah himpunan karakteristik yang berfungsi, karakteristik interkoneksi fisik umum, dan karakteristik signal untuk pertukaran data atau signal; antarmuka usb,antarmuka scsi.dan lain lain.
Memahami teknik antarmuka antar komponen motherboard,dengan mengenali karakter chip dan cara kerjanya serta cara berhubungan dengan komponen yang lain.
1.24 Microcontroler
Mikrokontroler adalah perangkat elektronika digital yang mempunyai input dan output serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus. cara kerja mikrokontroler sebenarnya hanya membaca dan menulis data. mudahnya, bayangkan diri Anda saat mulai belajar membaca dan menulis, ketika Anda sudah bisa melakukan hal itu Anda mulai bisa membaca tulisan apapun baik itu tulisan buku, cerpen, artikel dan sebagainya, dan Andapun mulai bisa menulis hal-hal sebaliknya. Begitu pula jika Anda sudah mahir membaca dan menulis data pada mikrokontroler maka Anda dapat membuat program untuk membuat suatu sistem pengaturan menggunakan mikrokontroler sesuai dengan keinginan Anda. Mikrokontroler merupakan komputer didalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik, yang menekankan efisiensi dan efektifitas biaya. Secara harfiahnya bisa disebut "pengendali kecil" dimana sebuah sistem elektronik yang sebelumnya banyak memerlukan komponen-komponen pendukung seperti IC TTL dan CMOS dapat direduksi/diperkecil dan akhirnya terpusat serta dikendalikan oleh mikrokontroler ini.
Perangkat lunak(software) BIOS dibangun pada motherboard computer berdasarkan system microcontroler, dan merupakan kode pertama yang dijalankan oleh computer saat diaktifkan ('firmware boot'). Fungsi utama BIOS adalah untuk mengatur hardware dan beban(load) dalam memulai sebuah sistem operasi ketika computer dijalankan, pekerjaan pertama untuk BIOS adalah untuk menginisialisasi dan mengidentifikasi perangkat sistem seperti video ,keyboard,  mouse, hard disk drive, disk drive optik dan perangkat keras lainnya. BIOS kemudian menempatkan perangkat lunak pada perangkat periferal (yang ditunjuk sebagai 'perangkat boot'), seperti hard disk atau CD / DVD, dan mengeksekusi perangkat lunak tersebut serta memberikan kendali .Proses ini dikenal sebagai boot, atau boot up, yang merupakan kependekan dari bootstrap.
Sebuah komponen penting dari motherboard adalah chipset mikroprosesor pendukung, yang menyediakan antarmuka yang mendukung antara CPU dan berbagai buses dan komponen eksternal. Chipset ini menentukan, ke mana, fitur dan kemampuan dari motherboard.
Bagian-bagian yang terintegrasi dengan motherboard adalah:
-Chips : ICH (I.O controller hub)
ICH dalam bahasa mudahnya adalah central pengatur lalu lintas komponen dalam motherboard.kalau dilihat didalam schematic,hampir semua komponen terhubung kepada ICH, merk ICH Intel, sis, via dan lain-lain mempunyai karaker sendiri sendiri. jika dalam pemeriksaan kerusakan device dalam motherboard power device,komponen ataupun jalur tidak ditemukan tanda tanda kerusakan,maka dapat dipastikan permasalah timbul pada ICH yang berfungsi sebagai penghubung device komponen chip tersebut, perbaikan ICH dibahas di tingkat menengah dan profesional.Bagian bagian yang lebih dekat terintegrasi dengan ICH adalah bios (eprome), usb, wifi, modem, sound dan vga.
-Vga Chip-Northbridge chip-Super I.O CHip.
-Componen ic,kapasitor,diode,relay,filter,regulator,crystal,resistor,dll.
-Soket dan konektor :Soket procesor(optional)soket memori-soket bluetooth-soket Hardisk-soket optical drive-soket media card-soket vga(optional)soket keyboard-soket Lcd panel-soket power swich(optional)-soket led indikator(optional)-soket battery dll.
1.25 Battery Pack
Adalah energi saver yang bisa diisi ulang(recharge)berfungsi sebagai power cadangan atau power utama pada saat Notebook digunakan jauh dari jangkauan listrik.
1.26 Casing
Bagian-bagian casing :engsel-casing mesin-casing Lcd-docking (optional)
1.27 Power Adapter/Charger
Notebooks menggunakan  eksternal power suplay, yang disebut "power adaptor" atau "power brick." Mengkonversi AC ke tegangan DC tunggal yang masuk ke power supply internal Notebook, yang menghasilkan semua tegangan yang diperlukan . Adapter eksternal digunakan untuk mengurangi ukuran dan berat dari Notebook.






Bagian bagian Notebook


 BAB 2. Layout Peran BIOS Dalam Power Management System

System board power managemen
  Ketika Vin(power in)masuk ke systemboard melalui jack power,umumnya tegangan 15v(toshiba lama)16v(ibm lama)18,5v(kebanyakan mobo clevo dan hp compaq lama dan 19v motherboard terbaru disearahkan tegangan oleh dioda yang menyearahkan power in dengan value yang sama dengan input awal .Dari dioda sebagian motherboard menggunakan fuse atau regulator yang disesuaikan dengan input power suplay dan diteruskan ke fet pembagi P-chanel yang membagi drain (keluaran) ke v-bat atau battery ic yang didiskritkan oleh suplay charger oleh mosfet yg sering digunakan ic 4800b n-chanel.sebahagian motherboard system chargingnya sudah terintegras oleh battry IC (contoh battery ic ISL88731A,MAX8731,MAX8724,MAX8725,ISL6251A,ISL6255,ISL88731
BQ24745 dll). Umumnya output drain 1+v,3+v dan 5+v
P-chanel selain membagi power suplai ke battery ic juga membagi power suplay ke POWER SUPLAY/SYSTEM POWER/SYSTEM DC/DC(baca materi PU power integrated circuit).contoh PU(APL5912,
TPS51120,TPS51124,TPS51125,TPS51100,ISL6237,RT8206,MAX1999
MAX8744,MAX8734,MAX8717,TPS51120,TPS51124,ISL6266A.integrated circuit dc/dc mengeluarkan output drain 3+v,5+v dan bypas sebesar power suplay awal.
  Perlu diketahui bahwa semua power diatas akan diatur melalui Bios chip dengan pengaturan binari power management.Pengaturan ini memerintahkan ke bios program untuk mendisbusikan power ke semua komponen yang membutuhkan power(semacam saklar atau swicth relay). Jangan heran jika file program bios power management rusak semua kontribusi power ke komponen akan terhenti.walaupun semua power suplay komponen berfungsi secara baik.
3. Mengenal BIOS sebagai Jantung Motherboard (FULL VERSION)
Basic input/output system (BIOS) juga dikenal sebagai BIOS atau ROM BIOS , adalah standar de facto mendefinisikan antarmuka firmware .Perangkat lunak(software) BIOS dibangun pada motherboard computer, dan merupakan kode pertama yang dijalankan oleh computer saat diaktifkan ('firmware boot'). Fungsi utama BIOS adalah untuk mengatur hardware dan beban(load) dalam memulai sebuah sistem operasi ketika computer dijalankan, pekerjaan pertama untuk BIOS adalah untuk menginisialisasi dan mengidentifikasi perangkat sistem seperti video ,keyboard, mouse, hard disk drive, disk drive optik dan perangkat keras lainnya. BIOS kemudian menempatkan perangkat lunak pada perangkat periferal (yang ditunjuk sebagai 'perangkat boot'), seperti hard disk atau CD / DVD, dan mengeksekusi perangkat lunak tersebut serta memberikan kendali .Proses ini dikenal sebagai boot, atau boot up, yang merupakan kependekan dari bootstrap.
BIOS software disimpan pada chip ROM yang non-volatile yang dibangun ke dalam sebuah chip/IC yang terintegrasi pada motherboard. Perangkat lunak BIOS khusus dirancang untuk bekerja dengan jenis tertentu dari sistem yang bersangkutan, termasuk memiliki memori tentang cara kerja berbagai perangkat yang membentuk chipset pelengkap dari sistem. Dalam sistem komputer modern, isi chip BIOS dapat ditulis ulang, yang memungkinkan perangkat lunak BIOS untuk ditingkatkan (upgrade)
BIOS memiliki user interface . sistem menu dapat diakses dengan menekan tombol tertentu pada keyboard ketika computer boot. Pada UI BIOS, pengguna dapat:
-mengkonfigurasi perangkat keras
-mengatur jam sistem
-mengaktifkan atau menonaktifkan komponen sistem
-pilih perangkat yang memenuhi syarat untuk menjadi perangkat boot potensial
-berbagai sandi mengatur prompt, seperti password untuk mengamankan akses ke fungsi UI
BIOS itu sendiri dan mencegah pengguna ilegal dan boot sistem dari perangkat periferal yang tidak sah.BIOS menyediakan librari kecil untuk input / output fungsi dasar yang digunakan untuk mengoperasikan dan mengendalikan peripheral seperti keyboard, fungsi teks tampilan dan sebagainya, dan fungsi software library ini (callable) oleh perangkat lunak eksternal. yang dirancang untuk menggantikan fungsi firmware dasar, akan memberikan penggantian interface perangkat lunak untuk aplikasi.
3.1 Terminologi
Istilah pertama kali muncul dalam sistem operasi CP / M, sebagian dari dari CP / M load ketika saat booting dan berhubungan langsung dengan perangkat keras (Mesin CP / M biasanya memiliki hanya boot loader sederhana dalam ROM mereka. Di antara kelas-kelas lain dari komputer, istilah generik booting, boot loader atau boot ROM. Extensible Firmware Interface, Open Firmware (digunakan pada OLPC XO-1) dan coreboot.
Pada prinsipnya, BIOS ROM disesuaikan untuk perangkat keras produsen tertentu, yang memungkinkan layanan tingkat rendah (seperti membaca sebuah keystroke atau menulis sektor data ke disket) harus diberikan dalam cara standar untuk sistem operasi. Misalnya: Boot Block DMI Blok,Utama Blok.
Sebelum awal 1990-an, BIOS disimpan dalam chip ROM atau PROM, yang tidak dapat diubah oleh pengguna. Terjadinya kompleksitas ketika adanya kebutuhan untuk update,diciptakanlah re-programmable, BIOS firmware disimpan di dalam EEPROM atau flash memory device. Flash BIOS chip erasable PROM (EEPROM) chip lebih murah dan lebih mudah untuk diprogram dan dihapus (EPROM) chip PROM. Chip EPROM dapat terhapus oleh paparan sinar ultraviolet, inilah yang menyebabkan hilang/terhapusnya data bios rom pada Notebook/netbook.pada saat bepergian/traveling/mobil melalui bandara yang mengharuskan Notebook/netbook melewati Ultraviolet scanner pada securitas bandara/airport.
Dengan kata lain,Notebook/netbook yang sering dibawa pengguna bepergian melewati bandara/airport memiliki potensi yang tinggi rusak pada data biosnya yang dapat mengakibatkan Notebook/netbook tidak berfungsi.
Produsen chip menggunakan EPROM programmer (Blasters) untuk chip EPROM Program. Electrically erasable (EEPROM) chip BIOS memungkinkan pemrograman ulang menggunakan tegangan lebih tinggi . BIOS versi yang ditingkatkan (update bios)untuk mengambil keuntungan dari versi terbaru dari perangkat keras dan untuk memperbaiki bug di BIOS revisi sebelumnya.
Chip flash pertama melekat pada bus ISA. Mulai tahun 1997, beralih ke flash BIOS LPC bus, pengganti fungsional untuk ISA, menyusul penerapan standar baru yang dikenal sebagai "hub firmware" (FWH). Pada tahun 2006 .Sistem pertama yang mendukung Serial Peripheral Interface (SPI) muncul.dan sekarang di gunakan hamper seluruh perangkat motherboard Notebook,Netbook dan pc computer dengan ukuran chip yang lebih efisien yang di sebut dengan Soic 8 chip.
Ukuran dari BIOS, dan kapasitas ROM, EEPROM dan media lainnya, fitur baru telah ditambahkan ke kode; BIOS versi sekarang dengan ukuran 256kb hingga 16 megabyte. Beberapa motherboard modern bahkan lebih besar dari IC memori flash NAND onboard yang mampu menyimpan seluruh operasi sistem distribusi kompak seperti beberapa distribusi Linux. Sebagai contoh, beberapa motherboard ASUS baru-baru ini termasuk Linux Splashtop tertanam pada memori NAND Flash IC.
3.2 Flashing BIOS
Pada computer modern ,BIOS disimpan dalam memori yang bisa ditulis ulang, yang memungkinkan isi diganti atau 'ditulis ulang' dapat dilakukan dengan program khusus, biasanya disediakan oleh produsen sistem, File yang berisi konten tersebut disebut 'image BIOS. BIOS bisa direflash untuk meng-upgrade ke versi yang lebih baru untuk memperbaiki bug atau memberikan peningkatan performa atau untuk mendukung perangkat keras baru, atau operasi reflashing mungkin diperlukan untuk memperbaiki BIOS yang rusak.
Upgrade ini memiliki risiko bila tidak benar dalam proses upgrade ,bisa membuat komputer atau perangkat tidak dapat digunakan. Untuk menghindari situasi ini, BIOS yang lebih baru menggunakan "boot block", sebuah bagian dari BIOS LOAD dan harus diperbarui secara terpisah. Kode ini memverifikasikan jika sisa BIOS masih utuh (menggunakan checksum hash atau metode lain). Jika boot block mendeteksi korupsi di BIOS utama, biasanya akan memperingatkan pengguna bahwa proses pemulihan harus diprakarsai oleh booting dari removable media (disket, CD atau memori USB) sehingga pengguna dapat mencoba flashing BIOS lagi. Beberapa motherboard memiliki BIOS cadangan (disebut sebagai papan DualBIOS) untuk pemulihan dari BIOS korup.
3.3 Persistent Infeksi BIOS
"infeksi BIOS Persistent", adalah metode yang disajikan dalam Konferensi Keamanan CanSecWest (Vancouver, 2009) dan Konferensi Keamanan SyScan (Singapura, 2009) dimana peneliti Anibal Sacco dan Alfredo Ortega, dari Core Security Technologies, menunjukkan penyisipan kode eror ke rutinitas dekompresi di BIOS, memungkinkan untuk kontrol hampir penuh dari PC di setiap start-up, bahkan sebelum sistem operasi di-boot.
Bukti-konsep tidak mengeksploitasi cacat dalam pelaksanaan BIOS, tetapi hanya melibatkan BIOS prosedur normal flash. Dengan demikian, membutuhkan akses fisik ke mesin atau untuk pengguna pada sistem operasi untuk menjadi root. Meskipun demikian, bagaimanapun, peneliti menggaris bawahi implikasi mendalam penemuan mereka: "Kita bisa patch driver untuk membuat rootkit sepenuhnya bekerja. bahkan memiliki kode kecil yang dapat menghapus atau menonaktifkan antivirus pada bios rom.
3.4 Boot BIOS Spesifikasi
Jika expansion ROM ingin merubah cara sistem boot (seperti dari perangkat jaringan atau SCSI adapter dimana BIOS tidak memiliki drivernya), dapat menggunakan BIOS Boot Specification (BBS) API untuk registerasi kemampuannya. Sesaat setelah expansion ROM sudah teregister menggunakan BBS API, pengguna dapat memilih di antara opsi-opsi boot yang tersedia dari user interface BIOS. Inilah mengapa kebanyakan BIOS PC yang memenuhi BBS implementasi tidak akan mengizinkan pengguna untuk memasukkan user interface BIOS sampai expansion ROM selesai melaksanakan dan mendaftarkan diri dengan API BBS

3.5 Mengubah Peran BIOS

Beberapa sistem operasi, misalnya MS-DOS, bergantung pada BIOS untuk melaksanakan sebagian tugas input / output dalam computer .Berbagai alasan teknis membuat tidak efisien untuk beberapa sistem operasi terakhir yang ditulis untuk 32-bit CPU seperti Linux dan Microsoft Windows untuk menjalankan BIOS secara langsung
Kemudian BIOS mengambil fungsi yang lebih kompleks, dengan cara interface seperti ACPI; fungsi-fungsi ini meliputi manajemen power, hot swapping, manajemen termal. Bahkan Power suplay power system.Jadi jangan heran jika chip bios mati dapat membuat seluruh system power suplay pada motherboard tidak dapat berfungsi,alias mati total.
Linux telah mendukung EFI melalui elilo dan GNU GRUB boot loader. Komunitas open source meningkat kan upaya mereka untuk mengembangkan pengganti BIOS eksklusif dan inkarnasi masa depan dengan mitra bersumber terbuka melalui coreboot dan OpenBIOS / proyek Open Firmware. Beberapa BIOS berisi "SLIC" (lisensi perangkat lunak tabel deskripsi), tanda tangan digital ditempatkan di dalam BIOS oleh pabrikan, misalnya Dell. SLIC ini dimasukkan dalam tabel ACPI dan tidak berisi kode yang aktif. 
Produsen komputer yang mendistribusikan versi OEM dari Microsoft Windows dan perangkat lunak aplikasi Microsoft dapat menggunakan SLIC untuk otentikasi lisensi untuk disk Instalasi Windows OEM dan / atau sistem recovery disc berisi perangkat lunak Windows. Sistem yang memiliki SLIC dapat preactivated dengan kunci produk OEM, dan mereka memverifikasi sertifikat OEM XML diformat terhadap SLIC di BIOS sebagai sarana diri mengaktifkan Jika pengguna melakukan instalasi baru Windows, mereka akan perlu memiliki kepemilikan dari kedua kunci OEM dan sertifikat digital untuk SLIC mereka dalam rangka untuk melewati aktivasi, dalam praktek ini sangat tidak mungkin dan karenanya satu-satunya cara yang nyata ini dapat dicapai adalah jika pengguna melakukan restore menggunakan image-pra yang disediakan oleh OEM.

3.6 Menganti  BIOS Chip/ Reprograming/ Erase/ Backup/ Updated BIOS
Setelah memahami bios chip,fungsi dan cara kerjanya dapat kita pahami jika bios corupted/crash atau ada bug/virus/data eror pada bios,dapat menyebabkan seluruh atau sebahagian motherboard tidak dapat berfungsi.bahkan lumpuh total(mati total).
Untuk bios yang masih bisa booting sampai masuk ke bios settup/hank on logo atau yang masih bisa masuk ke windows cukup hanya melakukan upgrade pada bios tersebut.kenali versi bios yang terpasang kemudian dengan mencari file bios apdater(VERSI YANG LEBIH TINGGI)memperbaikinya cukup dengan mengupdated dengan data yang terbaru tersebut diatas.
Download file exe jalankan programe,ikuti perintah selanjutnya pada program updater yang telah dijalankan.penting untuk memastikan battery dan adapter terpasang .jika kekurangan power proses updated bios akan gagal.
Untuk bios yang sudah tidak bisa masuk /booting windows,dapat melakukan updated pada bios tersebut dengan booting melalui dos updated dengan menggunakan boot disket atau flashdisk.cara updated mungkin saja berbeda pada setiap merk atau seri Notebook terutama untuk louncing boot key order.sebagai contoh untuk Notebook acer aspire one boot bios updated dengan menggunakan key fn+esc ,Notebook Compaq dengan menggunakan key windows+B dan Notebook toshiba dengan menggunakan ctrl+U key.
Jika updater gagal pada kedua metoda diatas,dapat  melakukan erase/menghapus data bios yang lama dan mengganti/flashing data yang baru atau jika bios chip crash/rusak dapat juga dengan melepas bios ic(soic8 atau 16 kaki pada kebanyakan Notebook motherboard).










 Main Bios dan EC Bios

Motherboard moderen memiliki 3 Bios 
  1.Bios Utama (main bios) bios ini yg biasa kita temukan pada umumnya motherboard untuk pengendalian basic input output system.

   2. EC bios (embeded controler bios).EC bios meliki firmware berkaitan kepada bios utama dan menyimpan pengaturan untuk embedded controler chip..

   3.ID Bios yang mana hanya menyimpan data informasi tentang identisa motherboard.Untuk menentukan Bios Utama/EC bios dan ID bios adalah dari kode bios dan jenis/ukuran chip yang dipakai.Motherboard terbaru telah mengeluarkan 3 ic bios EC dan Bios utama berukuran soic8 208 mil dan ID bios yg berukuran soic8 150 mil(fisik lebih kecil dari EC dan Main bios)
3.7 PETUNJUK UMUM INSTALASI BIOS
  Fungsi masing masing kaki bios dan kode fungsi pada kaki.susunan kaki bios belum tentu sama,sebaiknya lihat didatasheet kode bios yang bersangkutan untuk kepastian fungsi kaki,standard kaki rata2 sama seperti kode diatas,hanya susunannya saja yang kadang lain merk dan seri berbeda susunan letak kakinya. 
Cara reset bios dengan cara menshortkan kaki chip.
catatan:cara ini berhasil hanya pada Notebook tertentu.
  Patokan short kaki tidak selalu pada pin 3 dan 6,kunci short kaki terletak pada fungsi kaki yaitu kaki A2 dan SCL.jika pada merek dan seri bios lain,cari kaki a2 dan SCL untuk menshorkan reset password

Pada susunan kaki yang seperti ini vcc=power suplay dibuat sebagai VDD.dan untuk beberapa merek dan seri bios chip tertentu standard fungsi kaki terlihat berbeda (tidak mengikuti standard kode international)..jika menemukan chip yang seperti ini sebaiknya berhati-hati atau cari cara yang lebih aman untuk mereset bios password

Sebagian motherboard Notebook memiliki titik jumper untuk mereset biospassword,biasanya terletak didekat areal soket memori dengan tanda segitiga yang berdampingan,dengan kode TP. Caranya mudah,shortkan kedua titik jumper dengan menggunakan pinset,hidupkan motherboard beberapa saat terys matikan,lepaskan jumper dan hidupkan motherboard kembali dan kita sudah bisa akses ke bios setup,password telah diremove.

The W25X10A (1M-bit), W25X20A (2M-bit), W25X40A (4M-bit) dan W25X80A (8M-bit) Flash Serial
  Memory menyediakan solusi penyimpanan untuk sistem dengan pin ruang yang terbatas. Seri 25 kali menawarkan fleksibilitas dan performa baik di luar biasa perangkat Flash Serial. Mereka adalah ideal untuk kode
download aplikasi serta menyimpan suara, teks dan data. Perangkat beroperasi pada 2.7V - 3.6V power s...upply dengan konsumsi arus serendah 5mA aktif dan 1µA.
Array W25X10A/20A/40A/80A ini diatur dalam kapasitas 512/1024/2048/4096 halaman diprogram dari 256-byte masing-masing. Sampai dengan 256 byte dapat diprogram .
  Halaman bisa dihapus dalam kelompok 16 (sektor hapus), kelompok 256 (menghapus blok) atau seluruh chip(chip hapus). sektor ini memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dalam aplikasi yang membutuhkan data dan parameter penyimpanan. 
W25X10A/20A/40A/80A mendukung standar Serial Peripheral Interface (SPI), kinerja dual output SPI menggunakan empat pin: Serial Jam, Chip Pilih, Data Serial I / O dan Serial
  Data Out. Frekuensi clock SPI hingga 100MHz memungkinkan tingkat clock setara200MHz saat menggunakan instruksi Output Dual.kecepatan transfer yang sebanding dengan dari 8 dan 16-bit memori Flash Paralel. Sebuah Tahan pin, Write Protect pin dan diprogram menulis/melindungi, dengan kontrol array atas atau bawah fitur, memberikan fleksibilitas kontrol lebih lanjut. Selain itu, perangkat ini mendukung standar JEDEC

Motherboard moderen memiliki 3 Bios 
   1,Bios Utama (main bios) bios ini yg biasa kita temukan pada umumnya motherboard untuk pengendalian basic input output system.
   2. EC bios (embeded controler bios).EC bios meliki firmware berkaitan kepada bios utama dan menyimpan pengaturan untuk embedded controler chip..
   3.ID Bios yang mana hanya menyimpan data informasi tentang identisa motherboard.Untuk menentukan Bios Utama/EC bios dan ID bios adalah dari kode bios dan jenis/ukuran chip yang dipakai.Motherboard terbaru telah mengeluarkan 3 ic bios EC dan Bios utama berukuran soic8 208 mil dan ID bios yg berukuran soic8 150 mil(fisik lebih kecil dari EC dan Main bios)
4. Tahapan Pengecekan Bios
Prosedure 1 : Matikan notebook,tekan fn+esc untuk acer.window+B untuk Hp/compaq.ctrl+alt+u untuk toshiba. (Bios key hanya berlaku utk Netbook)lalu tahan tekan tombol power selama 20-30 detik jika lampu power flashing,sebaiknya lakukan bios flash .

Prosedure 2 : Update Bios .google bios versi bawaan Notebook yang bersangkutan (jika msh bisa masuk bios,lihat versi bios yang teristal pada bios setup).Lakukan update baik dengan cara melalui window atau dos.
Prosedure 3.: Untuk Notebook yang sudah tidak bisa masuk bios atau no display(tidak tampil).Keluarkan Motherboard dari casing.temukan bios chipnya.lakukan pembuangan induksi dengan cara melepas bios chip dan memasang kembali (selalu buka c mos battery sebelum pengerjaan motherboard)lakukan pengukuran pada kaki-kaki bios (bios power 3v/5v).jika suplay power bios ditemukan setelah pembuangan induksi lakukan pengetesan.
Prosedure 4: Buka chip bios lakukan pemograman ulang (eprome programer diperlukan) metoda ada di album.
5. Cara Mudah ngeflash Bios Netbook tanpa Eprome Programer. 
1. Matikan netbook & masukkan bios file (sesuai merk dan seri) ke drive USB , pastikan bahwa battry dan adapter terpasang
2. Tekan & tahan Fn + ESC diikuti oleh menekan tombol power pada unit, lampu LED akan berkedip dengan tidak ada tampilan pada layar, silakan lanjutkan untuk tekan FN + ESC selama 30 detik.
3. Setelah kira-kira 3-5 menit, unit  akan reboot secara otomatis. (do not interupt this process)
4. Seandainya unit  tidak respon setelah 15 menit, secara manual restart netbook, dengan menekan tombol power dan ulangi lagi  langkah 1, jika masalah terus berlanjut, lanjutkan ke langkah terakhir.
5. Untuk netbook yg sama sekali tidak tampil,ulangi proses diatas beberapa kali.kalau masih belum berhasil alternatif lainnya adalah reflash dengan menggunakan eprome programer,atau mengganti ic bios yg sdh ada datanya..
6. Untuk netbook yg masih tampil tapi hank,ga mau masuk bios,dan eror lainnya.bisa mencoba tahap 5,6 dan 7
7. Restart netbook dan berulang kali tetap menekan tombol F12 sampai 'pilihan Boot' muncul
8. Pilih Boot USB HDD , tekan  Enter.
9. Setelah muncul "C: \>", ketik "UPDATE" tanpa tanda kutip dan tekan enter, update BIOS akan segera dilaksanakan. JANGAN Interrupt PROSES INI DI SETIAP TAHAP. Setelah proses selesai (sekitar 5-10 menit) unit secara otomatis akan restart

6. PETUNJUK UMUM INSTALASI BIOS
Ada tiga pilihan untuk menginstal rilis BIOS:
  1. Dari disket/flashdisk bootable instalasi BIOS.  (internal, USB, atau PCMCIA)
tersedia pada sistem target.
  2.Dari dalam Windows NT berbasis sistem operasi (7, Vista, XP, dll) dengan menggunakan
Windows installer berbasis BIOS.
   3.Dari instalasi BIOS bootable CD-ROM
-------------------------------------------------- -
boot disket/Flash disk METODE INSTALASI (Rekomendasi)
-------------------------------------------------- -
Instalasi BIOS menawarkan pilihan untuk membuat BIOS bootable disket instalasi. Cukup pilih 'Disket Instalasi' dari menu dan klik 'Ok'. Anda harus memiliki drive disket (Internal, USB, atau PCMCIA) diinstal, dan 1,44 MB diformat disket yang tersedia.
Setelah disket instalasi BIOS telah dibuat, menginstal BIOS menggunakan langkah-langkah berikut:
-Hubungkan komputer ke listrik AC dengan menggunakan adaptor AC.
-Tutup semua program yang terbuka
-Masukkan disket/flashdisk instalasi ke dalam drive disket BIOS Anda (A:)
-Matikan sistem operasi. Dengan Windows, Anda dapat memilih untuk
-Restart bukan mematikan.
-Jika perlu, restart komputer dengan menekan Ctrl-Alt-Del atau mengubah komputer OFF lalu hidupkan kembali

-Komputer akan boot MS-DOS dari disket instalasi BIOS, dan memulai rutinitas instalasi flash BIOS. Perlu diketahui bahwa pada system di mana hanya koneksi USB disket drive didukung, Anda dapat memaksakankomputer untuk boot dari disket USB yang terhubung dengan menekan "U" kunci, ketika powering-pada sistem.
-Ketika Flash update BIOS selesai, pesan seperti di bawah ini akanditampilkan:
-Silahkan mennekan SW RESET (atau mematikan listrik AC OFF / ON) untuk me-restart!
 Fitur Reset BIOS yang disediakan Pada Motherboard(optional)

Sebahagian motherboard Notebook memiliki titik jumper untuk mereset bios password,biasanya terletak didekat areal soket memori dengan tanda segitiga yang berdampingan,dengan kode TP.caranya mudah,shortkan kedua titik jumper dengan menggunakan pinset,hidupkan motherboard beberapa saat terys matikan,lepaskan jumper dan hidupkan motherboard kembali dan kita sudah bisa akses ke bios setup,password telah diremove




Bios chip kompatibelitas list
MEREK
SST
AMD
ST
Atmel
Intel
Winbond

SOIC8 / SOIC16

Kapasitas 512K 
5V
soic 8
SST39SF512; SST29EE512
AM28F512
M29F512
AT49F512, AT29C512
W29EE512


Kapasitas 1M
5V
SOIC 8
SST39SF010; SST29EE010
AM29F010,
M29F010
AT49F010,
28F001BX, 28F010
W29EE011, W29EE012 
AM28F010
AT49F001,
AT29C010

Kapasitas 2M  
5V 
SOIC8
SST39SF020; SST29EE020
AM29F002
M29F002
AT49F020,
28F002BC, 28F020
W29C020, W49F002
AT49F002,
AT29C020

Kapasitas 4M  
5V
SOIC8
SST29SF040; SST39SF040
AM29F040
M29F040
AT49F040, AT29C040
28F004S5, 28F004B5
W29C040

Kapasitas 512K
2.7-3.6V / 3.0-3.6V
SOIC 8
SST39VF512; SST39LF512;
M29W512
AT49LV512, AT49BV512
SST29VF512

Kapasitas 1M  
2.7-3.6V / 3.0-3.6V 
SOIC8
SST39VF010; SST39LF010;
AM29LV010
M29W010
AT49 (H)LV010
SST29LE010; SST29VE010;
AT49 (H)BV010,
SST29VF010
AT49 (H)LV001,
AT49 (H)BV001,
AT29LV010, AT29BV010

Kapasitas 2M
2.7-3.6V / 3.0-3.6V
SOIC8
SST39VF020; SST39LF020;
AM29LV002
M29W002, M29W022
AT49LV020, AT49BV020,
28F002BV
SST29VF020
AT49LV002, AT49BV002,
AT29LV020, AT29BV020

Kapasitas 4M
2.7-3.6V / 3.0-3.6V
SOIC8
SST39VF040; SST39LF040;
AM29LV040,
M29W040, M29W004
AT49LV040, AT49BV040,
28F004S3, 28F004B3,
SST29VF040
AM29LV004
AT49BV004
28F004BV, 28F004BE

Kapasitas8M
2.7-3.6V / 3.0-3.6V
SOIC8
SST39VF080
AM29LV008,
M29W008
AT49LV080, AT49BV080,
28F008S3, 28F008B3,
AM29LV081,
AT49LV008, AT49BV008,
28F008BV, 28F008BE 
AM29F080
AT49F080


Kapasitas 16M
2.7-3.6V / 3.0-3.6V 
SOIC8
SST39VF016
AM29LV017,
M29W116
28F016S3, 28F016B3
AM29LV116,
 AM29F016,
 AM29F017

Kapasitas 1M
2.7-3.6V / 3.0-3.6V
SOIC16
SST39VF100; SST39LF100
M29W102
AT49LV1024,
W49L102
 AT49BV1024

Kapasitas 2M
2.7-3.6V / 3.0-3.6V
SOIC16
SST39VF200A; SST39LF200A
AM29LV200
M29W200
AT49LV2048,
AT49BV2048

Kapasitas 4M 
2.7-3.6V / 3.0-3.6V
SOIC16
SST39VF400A; SST39LF400A
AM29LV400
M29W400
AT49LV4096,
28F400B3, 28F400CV,
AT49BV4096
28F400CE, 28F400BV

Kapasitas 8MB
2.7-3.6V / 3.0-3.6V
SOIC 16
SST39VF800A; SST39LF800A
AM29LV800
M29W800
AT49LV8192,
28F800B3, 28F800C3,
AT49BV8192
28F800CV, 28F800CE,
 28F800BV

Kapasitas 16M
2.7-3.6V / 3.0-3.6V
SOIC 16
SST39VF160
AM29LV160
M29W160
AT49BV1604,
28F160S3, 28F160B3,
AT49BV1614
28F160C3
7. Hardware Problem Analisys Procedure
Gejala-gejala kerusakan dan standar pengecekan
7.1 Hank, Suka Restart,Blue screen, Tidak bisa di instal OS
7.1.1 Software Checking
a.Untuk mengetahui apakah yang bermasalah adalah software,coba hidupkan Notebook tanpa menggunakan hardisk(Hdd)..
 b.Hidupkan Notebook masuk ke bios settup(F2/F10/dell) ubah settingan ke settup defould(f9 kemudian F10 enter).Gunakan Hirent boot utility (f12 untuk merubah boot option-boot from cd-pilih xp mini)jalankan windows mini dari cd,lakukan pengecekan,jika tidak ada masalah kemungkinan besar permasalahan ada pada HDD atau software windownya.
c.Instal ulang OS(windows) jika masih bermasalah coba jalannkan dengan menggunakan HDD lain.jika normal berarti permasalahannya terjadi pada HDD drivenya.
 Jika analisa tersebut diatas sudah dilakukan ternyata masih bermasalah,kita lakukan analisa berikutnya:
7.1.2 Hardware Cheking.
 a.lepaskan semua device(hdd,optick,keyboard,Lcd,battery.
b. Hidupkan Notebook dengan menggunakan LCD external,keyboard external dan Hdd. 
c. Jika Notebook berjalan dengan normal,berarti salah satu device ada yang     bermasalah,sehingga ICH chip stop working/Protect error. 
d. Cobakan device satu persatu untuk mengetahui device yang mana yang bermasalah.
 Jika prosedur diatas telah dilakukan tetapi Notebook masih bermasalah,dapat kita pastikan permasalahan ada pada motherboard komponen. Sebelum melakukan pengecekan pada motherboard componen yang onboard,kita mulai melakukan pengecekan pada componen yang non onboard terlebih dahulu.
7.1.3 Pengecekan Componen Non Onboard
a.pengecekan pada ram/sodim,lakukan penggantian memori atau dengan memindahkan  memori ke soket yang lainnya untuk mengetahui apakah hanya soket memori yang bermasalah.
b.Lakukan analisa yang sama seperti diatas pada procesor.
 jika permasalahan masih terjadi dapat kita pastikan permasalahan terjadi pada komponen motherboard yang akan kita bahas pada sesi menengah dan profesional course.

7.1.4 Tidak Ada Indikator Lampu (Mati Total)
a.Pertama tama kita lakukan adalah pengecekan pada adapter.
b.Lakukan pengecekan dengan menggunakan multitester untuk mengetahui adapter mempunyai tegangan atau tidak.jika tidak lakukan penggantian adapter.
Pada saat penggunaan adaptop hal yang wajib kita lakukan adalah memperhatikan led/lampu indikator pada adapter.jika lampu berkedip/mati.segera puruskan hubungan dengan Notebook karena sudah bisa dipastikan bahwa ada componen motherboard yang short. Permasalahan short kita bahas pada sesi menengah dan profesional course.
7.1.5 Led nyala(power on)Tetapi Tidak Ada Display.
 a.Analisa pertama yang kita lakukan adalah dengan melihat indikator Hdd bekerja atau tidak.jika bekerja berarti mesin bekerja tetapi tidak menampilkan display pada monitor.
Gunakan monitor external,jika tampil,kemungkinan terjadi ada 5:
3a.Lcd/Led cable.lakukan penggantian atau dengan cara memperhatikan jika ada bekas putus atau terbakar pada kabel.
 -Inverter adalah suport balas untuk backlight display .ciri cirinya kalau kita perhatikan sebenarnya display tampil tetapi gelap karena backligt mati.ini dapat disebabkan neon lcd mati atau inverter mati,atau power untuk inverter yang bermasalah.lakukan penggantian inverter untuk mengetahui apakah inverter dalam keadaan baik atau tidak.
 -Lcd/Led pengecekan Lcd/atau Led dapat dilakukan seperti pada poin 3a.
3b.Jika indikator pada HDD tidak menyala atau motherboard menampilkan kode error seperti bunyi atau signal lampu.contoh bunyi beep atau lampu indikator berkedip2.menandakan kerusakan terjadi pada motherboard komponen.
Sebelum kita menganalisa motherboard komponen yang onboard(terintegrasi pada motherboard)sebaiknya kita melakukan pengecekan seperti yang di jelaskan pada poin 1a.
7.1.6 Power hidup,bisa masuk windows tetapi battery tidak terdeteksi.
  Perhatikan indikor pada windows battery indikator,lepas battery dalam keadaan hidup,kemudian pasang kembali,kalau battery terdeteksi berarti hanya penginstalan battery yang kurang baik/longgar.


Beberapa metoda analisa untuk battery :
 -Lakukan penggantian untuk pengetesan.
-Melakukan pengukuran pada battery slot.biasanya ada 7 pin dimulai dari negatif(Ground)ditandai pin 2bh lebih panjang dari yg lainnya.ukur 4pin yang lebih pendek dari ground.seharusnya output recharging system yang normal mengeluarkan tegangan 2x 3v dan 2x 5v..jika tegangan tidak keluar atau berubah ubah atau tidak mencukupi tegangan yang dibutuhkan,dapat dipastikan permasalahan terjadi pada komponen motherboard(recharging system).
Jika pengukuran sesuai seperti standard yang battery butuhkan,dipastikan battery atau komponen pada battery pack yang bermasalah.

7.1.7 Beberapa indikasi yang sudah pasti berasal dari komponen motherboard.
 7.1.7.1 .Led flash
  -Vga chip-I.O chip-power componen
 7.1.7.2 Led blinking berubah warna menjadi merah. 
-Induksi-jalur pcb longgar-non onboard device longgar/bermasalah.
 7.1.7.3 Hank pada logo,tidak mau masuk bios.
 7.1.7.4 Error message tidak mau masuk bios.
 7.1.7.5 Led nyala no display
-Bios-VGA-soket memori-procesor-komponen short-I.Ochip-Vcccore problem dll.

8. Gejala Kerusakan, Analisa dan Penanggulangannya
8.1 LCD/LED
 Gejala :
a.Garis horizontal/vertical.
Gejala seperti ini,diakibatkan longgarnya fleksibel lcd antara lcd komponen dengan lcd tube.bisa diakibatkan casis lcd sdh tidak presisi lagi.maupun cacat pabrik.
Penanganan : Ganti LCD/Led
Alternatif : seterika bagian sambungan lcd tube dan komponen(daerah flexible)seperti melaminating sim/ktp..alas menggunakan kain,gosok beberapa kali satu arah..keberhasilan 70%
b.Layar bergetar/bergetar bebentuk garis/sebahagian/keseluruhan.
Penyebab LCD seperti ini sama dengan keterangan diatas,sebahagian memang karena cacat pabrik.sering ditemukan pada Notebook merk compaq.gejala garis tipis sejajar dibawah start button.kalau benar benar diperhatikan gejala ini sudah terlihat garis tipis bergetar,tetapi kebanyakan user mengabaikan permasalah ini karena dianggap kerusakan yang tidak signifikan.alhasil lama kelamaan garis semakin membesar bahkan sampai selebar 1-2 cm.cacat seperti ini tidak bisa diperbaiki,karena diakibatkan cacat pabrik/kebocoran antara tube dengan bulb neon lcd atau LED.
 c.Blank putih/hitam.
Blank putih menandakan Lcd backlight berfungsi dengan baik,tetapi tidak ada koneksi data.dengan kata lain inverter mengirim tegangan ke bulb neon(back light).
analisa :neon lcd dan inferter dalam kondisi baik.
cara penanganan : Ganti kabel(kabel genting/putus/terjepit)bisa juga dengan mencari kabel yang putus dan menyambungnya.(Pastikan display tampil pada external monitor terlebih dahulu)memeriksa Lcd conector pada motherboard dengan cara memgukur koneksi sambungan antara motherboard dengan kabel lcd.resolder konector atau mengganti conektor yang sudah rusak.analisa terakhir masalah hubungan antara konektor LCD/LED dengan VGA chip.
Pada seri tertentu (ditemukan pada Notebook axioo dan acer)masalah blank putih hanya karena disebabkan merenggangnya koneksi ground LCD/LED.cukup dengan menjumper(bypass) pin ground antara kabel konektor LCD/LED ke kabel konektor ground untuk motherboard.
 d.memudar/blank putih memudar menjadi hitam.
Kebocoran pada tube.permasalahn ini dapat disebabkan tekanan yang terjadi pada LCD/LED atau alasan yang sama pada poin 1.a.


e.Blur
Bisa diakibatkan oleh kebocoran pada tube,kerusakan pada vga atau drivernya.
atau alasan yang sama pada poin 1.f.
 f. Salah satu warna mendominasi.(memerah,menghijau,menguning,membiru)
Salah satu kabel video (Lcd kable)ada yang putus atau permasalah VGA chip dan pendukungnya.
Analisa : hubungkan Notebook pada monitor external dengan menggunakan video port,jika hasil di monitor external baik,berarti tidak ada masalah pada vga chip dan pendukungnya.jelas permasalahan hanya ada pada LCD/LED dan pendukungnya.
 g.Display Mengecil/Membesar.
Wrong resolusi,juga bisa diakibatkan longgarnya koneksi chip/video ram pada motherboard
H.dispaly terbagi 2,4/display hanya sebahagian.
wrong resolusi,juga bisa diakibatkan longgarnya koneksi chip/video ram pada motherboard. Untuk merk dan seri tertentu longgarnya salah satu kaki vga chip dapat mengakibatkan gejala yang sama.
 I.Membayang.
Inverter mati atau Lcd backligt putus atau suplay power untuk inverter(LCD only) dari motherboard hilang/tidak mencukupi permintaan inverter.(LCD only).
Catatan :selalu lakukan pemeriksaan dengan menggunakan external monitor untuk memastikan mesin berfungsi dengan baik.dan yang bermaslah hanyalah bagian2 dari LCD/Led.
Analisa :lakukan pengujian bulb neon/back light LCD dengan menggunakan battery petak 9volt.hubungkan kabel dari kedua kutub(positip dan negatip)ke konector neon yang biasanya berada pada kanan bawah LCD .jika neon menyala maka neon dipastikan dalam keadaan baik.analisa kita lanjutkan kepada inverter yaitu dengan mengukur kutup positip dan negatif neon vonektor pada inverter dengan menggunakan multitester atau avo digital meter.jika output menunjukkan tegangan 12v sampai dengan 12v maka dapat dipastikan inverter dalam keadaan baik.jika kontribusi power untuk vcc_inverter lebih dari 19v bisa mengakibatkan putusnya inverter.setingan brighness melalui lvds componen dapat mengakibatkan over voltage dan membuat inverter tidak berfungsi.pada beberapa merk dan seri tertentu bios bug dapat mengakibatkan pengaturan brighnes system eror.
Alternatif :Bios apdated

8.2.LCD/LED CABLE
a.Dicolokin Power Falsing/Short.
Diakibatkan kepanasan atau terjepit ada kabel yang berlainan kutub bersinggungan,sehingga motherboard  protek error,dengan meregulasikan pada beberapa transistor untuk menggagalkan power.ilustrasi yang mudah adalah:ketika salah satu komponen di rumah kita ada yang short,maka ketika mcb(meteran) di hidupkan mcb akan membalik.membatalkan koneksi arus.
Penanganan :genting atau outusnya kabul,bisa diatasi dengan menyambung kabel tersebut.
b.No Power/No Ground.
Terputusnya GND atau ground ke lce/led komponen(teletak di belakang LCD/LED tempat konektor.akan menggagalkan kinerja komponen.kehilangan GND dapat diatasi dengan menyambungkan GND dari casis ke komponen atau seperti metoda jumper/bypass
Poin a dan b ganti lcd kabel/dicari kabel yang terbakar/jumper ground langsung ke casis.
 c.Bergerak Display Getar.
Kabel terlalu tegang sehingga menarik konector baik yang di motherboard maupun yang di lcd..atur kembali penempatan kabel sesuai dengan jalur/line yang disediakan di cashing.
8.3. Inverter (forLcd only)
a.No Power
Persiapkan batrai petak alkalin 9volt,solder terminal ground(-) dengan kabel warna hitam.solder terminal Current(+)dengan warna merah. Lepaskan conetor inverter kable dari Notebook yg kehilangan power,letakkan kabel berwarna hitam(-) dari batrai 9volt tadi ke ground inverter.letakkan kabel berwarna merah kesetiap pin inverter untuk mengetahui pin mana yang dipakai untuk suplay line.(biasanya kabel yg berwarna kuning adalah suplay line).karena setiap Notebook mempunyai standard susunan suplay line yang berbeda,kita menggunakan batrai 9votl tadi untuk mengetahui yg mana suplay line dengan pasti dengan melihat bulb light/background light menyala oleh batrai 9volt tadi.
Setelah mengetahui pin untuk suplay line,by pas kabel dengan mencari tegangan 12v dari jack power atau fet's atau yang mana yang terdekat untuk dijadikan bypass suplay line untuk inverter power.dan jumper kable dari ground inverter ke ground Notebook.pastikan bypass suplay line diambil dari tegangan relay swicthing agar power baru akan terhubung ketika vcccore berjalan.untuk menghindari backlight lcd hanya menyala ketika Notebook dinyalakan..
b.Power Ada Backlight Mati.
Ganti Lcd neon.bongkar Lcd
c.No Output Balast
Ganti balast inverter atau inverter set.
d.Bios Updated
8.4 Internal Camera.
a.No deteck(cek optional key .contoh pada axioo fn+f5, device atau kabel/konektor)atau fn+f10
b.Gelap(reinstal driver atau sofware utility atau device rusak)
c.Detect tapi ga mau on analisa sama dengan poin 4.b.
d.Bios updated
8.5 Microphone (optionable)
a.no output sound.
b.jack no function
8.6 WiFi Cable Antena
a.low signal (cek konector antena kabel pada wifi adapter mungkin terlepas)
8.7 Keyboard
a.No detect/keyboard ok tetapi ada ada respon di Notebook. Cek conector/ganti resistor keyboard atau keyboard chip atau konecsi ICH longgar.
b.Stuck on boot/lengket pada tuuts
c.salah satu/sebagian/satu jalur tidak berfungsi. Buat koneksi/lobang baru pada keyboard konektor dengan cara memotong ujung flexible keyboard dengan cutter,sehingga lobang lama jepitan pada motherbord keyboard konektor terbuang dan membuat lobang konector yang baru.
d. Berbunyi beep beep. Melakukan tahapan pembuatan lobang baru pada keyboard flexibel.caranya persiapkan cutter yg baru dan penggaris besi.potong beberapa mili ujung kabel fleksible(bagian yg akan dikoneksikan dengan motherboard)dengan demikian konector keaboard akan membuat lobang baru pada fleksible dan membuat koneksi baru yang lebih padat/membersihkan tuts yang berkemungkinan stuk/lengket sehinggamenimbulkan bunyi. Jika keyboard sdh diganti dengan yang baru ternyata permasalahan masih timbul.periksa keyboard i.o atau mengganti kbc i.o power keyboard(lihat schema Notebook yang bersangkutan)
e.Di dos fungsi di windows tidak berfungsi. Terkadang keyboard hanya tidak berfungsi sewaktu masuk window saja.sedangkan di bios kondisi bios normal,update bios ke versi yang lebih tinggi untuk mengatasi masalah atau instal ulang windows dan konfigurasi properly.
f. Schema applay.
8.8 Power Swicth (optional)
a.No power(vcc_prsc)
b.No respon(low vcc_core,I>O interface eror,emi)
c.No ground(cek schema refisi for EMI request)
(a,b,c) cek kable,swicth power/power dan kapasitor untuk swicht.
d.Schema applay
e.Bios updated 
8.9 Led Indicator (optional)
a.no power(schema applay)
b.upnormal light.
error kode led(Hp compaq):
Blink 1.(Procesor,soket procesor,vcc_core,bios updated)
Blink 2.(Bios eror,ic bios,vcc_bios)
Blink 3.(Memori,soket memori,vcc_ram,bios updated)
Blink 4.(Vga chip,soket,vcc_vga,bios apdated)
Blink 5.(system bord,all vcc_induksi,intermiten,korosi,clock frekwensi,bios updated)
Blink 6.(Bios system,ic bios,spi super i.o,bios interface,bios frekwensi,updated bios)

colour led changed :
Toshiba : salah satu komponen atau soket longgar/induksi
Acer     : Bios bug,dc/dc low vcc_
Lenovo : dc/dc low vcc_vga chip intermiten

8.10 Optical device (Dvd,cdromm)
a.No detect(sata/ide odd conectior,schema applay)
b.Tidak bisa baca(optical damage,cable interface optical)
c.Baca tetapi sering macet(optic lemah,low vcc_
 8.11.Harddisk
a.No detect(sata/ide odd conectior,schema applay)
b.Tidak bisa di format/dipartisi/diinsatal
Boot up dengan menggunakan mini xp melalui boot cd (hirent boot 10,5)jika masuk ke os normal,cek hdd atau ganti dengan yang baru.jika permasalahan masih timbul tahapan analisa pada motherboard di mulai dari 1.sata/ide conector 2.sata/ide odd 3.vcc_hdd 3.i.o interface
8.12 Memori Sodim
a.No detect(schema applay,soket ,vcc_ddr,i.o interface,bios updated)
memori mati atau sama dengan poin 12.c
b.Blue Screen.
Memori crash atau terpasangnya 2 memori dengan perbedaan speed dan kapasitas.
penanganan :samakan speed dan kapasitas atau pergunakan satu memori saja.
c.dipasang power flashing
Memori/soket memori short. ganti dengan yang baru/reblower kaki kaki memori slot

8.13 WiFi Card
a.No detect(wifi adapter replacement,soket,vcc_wifi,bios updated)
b.Detect tidak bisa koneksi
c.No power(vcc_wifi,switch wifi)

8.14 Modem Card
a.No detect(schema applay,adapter rplcmnt,vcc_modem,soket,bios apdated)
b.Detect tidak bisa koneksi
update bios ke versi yang lebih tinggi
c.No pewer
8.15 Procesor
a.No power/kekurangan power.(vcc_core,PU integrated circuit vcc_core generator)
Penambahan atau penggantian kapasitor dan filter pembangkit/distribusi vvcore(power for procesor)skema applay(refisi add/remove capasitor,transistor generator,inductor support pwr)
b.No Ground (EMI request schema refition)
Lihat refisi schema untuk mengatasi induksi atau jumper ke titik ground yang membutuhkan.
c.No Signal.(schema applay,cek tp(tes poin)soket conector)
Ganti procesor atau dengan memanaskan kaki procesor yang berkemungkinan longgar akibat kepanasan.
d.Bios apdated
8.16 Bluetooht
a.No detect(adapter cek,cable,conector)driver
b.Detect tidak bisa koneksi
c.No pewer(vcc_bt
8.17 Audio Jack(optional)
a.no detect(schema applay,chip interface,emi request,resistor)
b.Audio on headset tidak bisa berfungsi/pecah
c.no pewer(vcc_sp)


8.18 Speaker
a.No sound
b.Suara Pecah(speker sobek)
c.Kemresek(schema applay,EMI request)
d.balance tidak berfungsi(amp chip)
8.19.VGA Card (optional)
a.No display.
Cek power vccdmi(power untuk vga)reflow/reball vga chips/video rams.chip frekwensi
b.Blur
Reflow/reball vga chips/video rams.
c.No Detect.
instal driver
d.Drash
Ganti chip/video rams
e.Koneksi longgar
Reflow/reball vga chips/video rams.
f. Video ram malfunction/longgar/mati.
Reflow/reball vga chips/video rams/Ganti chip/video rams
8.20.Motherboard
-Pcb (motherboard cirquit)cosmetic damage(jalur rusak/putus)jebol/bolong/hangus
-Chips :ICH(I.O controller hub)-Vga Chip-Northbridge chip-Super I.O CHip./longgar/mati/short
-Componen ic mati/short/crash
-Soket dan konektor :Soket procesor(optional)soket memori-soket bluetooth-soket Hardisk-soket optical drive-soket media card-soket vga(optional)soket keyboard-soket Lcd panel-soket power swich(optional)-soket led indikator(optional)-soket battery dll.longgar/crash.(dibahas dalam edisi khusus motherboard)

8.21.USB Port
a.No Power(vcc_usb,usb port)
Ganti power usb kaki 8 atau 10nya
b.No Ground.(schema applay EMI request)
Jumper ke casis Notebook
c.No Data Conection.
Reflow/reball ICH chip
d.Malfuction.
Jumper jalur yang putus/reflow/reball ICH chip

8.22 VGA Port
a.no power.(lvds signal,vcc_crt
ganti vga spliter.(lvds conektor)
b.no ground(EMI request)
c.no data conection(chip repair)
d.malfuction(induksi,intermiten,resistansi,EMI request)
8.23 Ethernet port
a.No power(fuse,chip aadapter,vcc_et)
b.No ground(EMI request)
c.No data conection(chip,I.O interface,port conector ,resistansi konduktor)
d.Malfuction(driver)
e.Bios updated
8.24 Pattery Pack
a.No Detect(battery ,element,conector,bat ic)
b.Detect no charge(bat ic_ic charger,bat conector.
c.Short(bat ic,EMI request,element)
d.No Full Charge(bat data,bat counter,low bat)
e.Charge on shotdown mode only(bat ic,dc/dc integrated,vcc_core,auto power regulator switching mode)
8.25 Casing
a.Pecah/Retak
b.Tidak Presisi/engsel patah
8. 26 Adapter/Charger
a.No Power
b.Short
c.Cable Problem.

8.27 Gejala2 lainnya.
-Led flashing
chips short(kaki chip menyatu)atau bios bug
-Led blinking
ada kode tertentu terutama untuk Notebook merk hp dan compaq.
led blink 1kali=procesor
-cek procesor,power procesor atau konduktor penghubung power suplay procesor ke procesor.
-led battery on power no respon.
I.O interface malfungtion.cek I.O controler dan ukur frekwensi chip atau reball chip.
-own restart
-hank on hardware trouble
-c mos message error
-clock battery error
-on battery normal on adapter error
-on adapter normal on battery error
-hank on logo
-Over heating
-Bios crash/data error
-bios passworded
-Tidak bisa masuk bios
-Tidak bisa save bios

9. Prosedure Standard Pengecekan Motherboard Problem 
9.1. Pra/Prosedure Standard Pengecekan Motherboard Problem No Display

POWER DRAIN(MENGOSONGKAN POWER DAN MEMBUANG INDUKSI)
-Power drain(mengosongkan power )reset termal sensor panas,membuang induksi.lepaskan battery tanpa adapter tekan power selama 20-30 detik.kemudian hidupkan kembali.jika Notebook mematikan diri untuk protect hardware,maka setelah drain maka Notebookakan kembali normal.
-Nyalakan Notebook menggunakan battery dan adapter/nyalakan hanya menggunakan battery dan nyalakan hanya menggunakan adapter.
9.2  BIOS CHECKING(netbook only)
Matikan netebook,tekan fn+esc untuk acer.window+B untuk Hp/compaq.ctrl+alt+u untuk toshiba. lalu tahan tekan tombol power selama 20-30 detik jika lampu power flashing,sebaiknya lakukan bios updated .
 MEMULAI PEMERIKSAAN MOTHERBOARD TANPA MELAKUKAN STANDARD ANALISA PROSEDUR
MEMULAI PEMERIKSAAN MOTHERBOARD TANPA LEPAS BATTRE C MOS
MEMBIARKAN ADAPTOR TERPASANG DALAM WAKTU YANG LAMA PADA MOTHERBOARD SHORT
MEMASANG/COLOKIN ADAPTER KETIKA KOMPONEN PU/U/CHIP/I.O DILEPAS
MENGUKUR TEGANGAN LANGSUNG KE KAKI CHIP/PU DENGAN PROBE TUMPUL(CARI TITIK UKUR PADA  KOMPONEN YG DILALUI KAKI PU ATAU CHIP)
MELEPAS SUPER I.O (WINBOND,ITE,SMC,VIA,NUVOTON,DLL)TANPA MELEPAS CHIP BIOS
MELAKUKAN PEMBLOWERAN/SOLDER PADA SATU TITIK TANPA TEMPRATURE CONTROLE DALAM WAKTU YANG LAMA
MEMASANG ADAPTER TANPA MEMERIKSA BENDA2 ASING PENGHANTAR LISTRIK YG MENEMPEL DI MOTHERBOARD
MENGHIDUPKAN/MELAKUKAN PENGETESAN PADA MOBO TANPA HEATSINK DAN FAN
MEMANASKAN CHIP DIATAS SUHU 180' TANPA ALAT YANG MEMADAI.
MELEPAS IC/CHIP DENGAN PAKSA
MELAKUKAN PEMERIKSAAN POWER PADA MOBO YANG BELUM 100%KERING SETELAH PENCUCIAN ATAU PEMBERIAN CONTACT CLEANER
MELETAKKAN MOBO BERTUMPUK2KAN
MELAKUKAN PEMERIKSAAN PADA MOBO YANG SAMA LEBIH DARI 6JAM(MENGHINDARI MOBO STRESS/KERUSAKAN JALUR DLL)
MELEPAS KOMPONEN TANPA ALAT YANG LAYAK
1a.Lepaskan semua non onboard device:procesor,memori/sodim,bloutooht,modem,wifi.
1b.ganti procesor,memori hidupkan kembali. 
1c.lakukan analisa fisik komponen :soket memori longgar,komponen crash,terbakar,retak,pecah atau apapun bentuk kerusakan fisik.
1d.cek tegangan vcccore untukprocesor(schema applay) melalui L/filter (R36,R45,R56)/kapasitor(330uf-220uf-nec tokin super kapasitor)
contoh ic/chip utk power cpu adalah :(bahasa schema :VCCORE/CPU CORE/CPU DC/POWER PROCESOR)
Metoda analisa :Persiapkan schema buka index schema(baca materi cara membaca schematic)
Perhatikan layout schema untuk vccore pada halaman berapa.buka halaman tersebut.pada halaman tersebut dapat diketahui jenis,kode ic,kode lokasi chip pada motherboard yang bersangkutan...Perhatikan vin(power in atau suplay power untuk vccore)pastikan tegangan yang dibutuhkan sesui dengan permintaan schema.jika vin ada tetapi vout(power out) tidak ada maka dapat dipastikan chip tidak berfungsi dengan baik.
General layout power procesor :

Cara mengukur voltase pada komponen dalam kondisi Power on :


Pengukuran N atau P chanel dapat dilihat tanda panah pada skema ,tanda panah menentukan arah tegangan,dalam kasus tertentu Drain dijadikan sebagai tegangan masuk pada mosfet N-chanel
Sebelum memberikan power pada mosfet, gunakan multimeter untuk memeriksa konduktivitas antara kaki kaki yang berbeda.
Pertama, menggunakan pengaturan resistansi, periksa 
bahwa ada impedansi besar (100 dari kiloOhms -... MegaOhms) antara sources (S)=kaki 1,2,3 dan Gate (G) kaki 4 , Jika multimeter menunjukkan 100 Ohm atau kurang, maka gate oksida rusak . 
  kemudian cara memeriksa konduksi saluran pada n -chanel yang bergerak dari Penurunan tegangan (direct voltage) diukur ketika probe positif (merah) pada source (S), dan probe negatif (hitam) pada (D)Drain.mengunakan buzz.seperti mengukur dioda searah.buzz berbunyi mosfet dalam keadan baik.
jika probe dibalik probe hitam pada (S)source, dan probe merah pada D(drain),jika buzz berbunyi.mosfet rusak.
Pengukuran untuk P-chanel kebalikan dari pengukuran N-chanel

Mosfet paralel 
Perhatikan jika mosfet berpasangan disuatu area,pastikan pada skema apakah mosfet tersebut paralel atau independent.jika paralel,hasil pengukuran mutlak dilihat dari susunan pada skema

Mosfet yang sumber tegangannya berasal dari integrated circuit,Vin yang sudah di turunkan(stepdown input)keluaran pada mosfet mutlak mengikuti acuan skema

Berbagai macam input output dan gate model pada paralel mosfet,yang susunannya mutlak mengacu pada skema mobo yang bersangkutan

Susunan power in dan power out intergrated circuit mutlak mengikuti susunan data sheet,tergantung dari PU yang akan kita analisa..untuk mengetahui PU baik atau buruk cukup dengan mengukur power in dan power out saja.power out dari PU bisa memiliki 5 s/d 7 power out dengan stepdown mulai dari 1,5v,2v,2,5v,3v,3,3v,5v,6v,9v,12,v atau bypass sesui dengan VIN adapter 15v,18v,18,5v atau 19v.tolensi power in atau out 10% dari nilai power yang menjadi patokan

notes :wajib melihat datasheet ic bios yang bersangkutan untuk melihat kaki VCC.
untuk menentukan kerusakan pada ic bios dapat dilakukan dengan mendetect ic pada e prome programmer

Sifat dioda :

• Jika diberi arah maju (tegangan positif => anoda dan tegangan negatif => katoda) akan menghantarkan arus dan sebaliknya,
• Jika diberi arah mundur (tegangan positif => katoda dan tegangan negatif => anoda) tidak akan menghantarkan arus.

Dual Chanel Mosfet
untuk menentukan output gate buka datasheet mosfet yg bersangkutan untuk mengetahui vds=voltage drain source=....volt
fgs=voltage gate source=....volt
untuk mengetahui berapa jenis vgs yg dimiliki oleh mosfet lihat
TYPICAL ELECTRICAL AND T...HERMAL CHARACTERISTICS
lihat diagram keluaran gate ada berapa volt.biasanya mosfet memiliki beberapa fitur output tergantung dari kebutuhan motherboard yg dipakai...contoh vgs 12v...9v...6v...atau 5v...sedangkan dilapangan pengukuran gate memiliki salah satu dari vgs diatas berarti mosfet berfungsi dengan baik

Thermal sensor(sensor panas)adalah ic yang mendeteksi panas pada beberapa beberapa chip,baik itu procesor maupun VGA,tugas ic ini mendeteksi panas yang berlebihan,dan memerintahkan pada bios untuk mematikan power(protect eror).sebahagian ic ini langsung berhubungan dengan power switching regulator.jika detector mengirimkan signal panas diatas batas keamanan,maka switching regulator atau bios mematikan power...jika frekwensi panas yang terlalu sering dapat membuat ic ini melemah dan mengirimkan perintah palsu(fals alrm)walaupun temprature tidak panas,pengiriman signal palsu akan memerintahkan swiching regulator atau bios mematikan power suplay.

DDR v_CC/Vddr/V_ram adalah kode yang sama untuk Power memori atau power ddr,biasanya V_DDR membutuhkan 1,8v s/d 2.5v untuk menjalankan fungsi memori


BQ 24745 adalah satu contoh battery ic.hampir semua Notebook system power melewati battery ic sebelum stepdown diolah oleh dc/dc power suplay PU.cara yang simple mengukur kondisi PU yaitu dengan mengukur power masuk dan keluar..Power masuk ada tetapi power keluar kosong,maka kita dapat pastikan PU rusak



Pada prinsipnya USB port conector hanya ada 4 pin ditandai pin + dan pin (-)ada di sisi ujung,sedangkan 2pin disisi tengah adalah pin data.untuk memastikan power usb masuk yaitu dengan mengukur kedua sisi ujung pin .jika power 5v keluar itu sisi pin (+).jika diukur nol.cabut adapter,buzz pin ke casis,jika buzz berbunyi iyu pi (-)...usb power suplay pada mobo tertentu ada yang disuplay melalui ICH yg di baypass dari dc/dc integrated sircuit


GENERAL LAYOUT VOLTAGE RAIL dapat menjadi acuan umum besaran voltase yang dbutuhkan anggota komponen mobo,perhatikan pu stepdown ,V-in 19v diturunkan PU sesuai dengan kebutuhan masing masing komponen.



standart pin mengukur power untuk optical device

standar pin mengukur hardisk power suplay



RT8207 ddr power suplay integrated sircuit


Cara menguji /mengukur komponen dalam keadaan terlepas dari motherboard:

Perkirakan tegangan yang akan diukur, letakkan jangkah pada skala yang lebih tinggi. penyidik  merah pada positif dan hitam pada negative.

MENGUKUR DAYA
  Daya di hitung dari perkalian arus dan tegangan dari hasil pengukuran arus dan tegangan.

MENGUKUR TEGANGAN AC
  Seperti halnya pada pengukuran VDC, perkirakan tegangan yang akan diukur, letakkan jangkah pada skala yang lebih tinggi. Pada umumnya avometer hanya dapat mengukur arus berbentuk sinus dengan frekuensi antara 30 Hz - 30 KHz. Hasil pengukuran adalah tegangan efektif (Veff).

engan jangkah VDC, bahan suatu dioda dapat juga diperkirakan dengan circuit pada gambar 10. Bila tegangan katoda anoda 0.2 V, maka kemungkinan dioda germanium, dan bila 0.6V kemungkinan dioda silicon.

Kita dapat menggunakan cara tersebut untuk mengetahui mana Basis, mana Kolektor dan mana Emitor suatu transistor dan juga apakah jenis transistor PNP atau NPN. Beberapa jenis multimeter dilengkapi pula fasilitas pengukur hFE, ialah salah parameter penting suatu transistor.
Dengan circuit seperti pada gambar, dapat diperkirakan bahan transistor. Pengujian cukup dilakukan antara Basis dan Emitor, bila voltage 0.2 V germanium dan bila 0.6 V maka kemungkinan silicon.

Dengan jangkah OHM x1 k atau x100 penyidik merah ditempel pada katoda (ada tanda gelang) dan hitam pada anoda, jarum harus ke kanan. Penyidik dibalik ialah merah ke anoda dan hitam ke katoda, jarum harus tidak bergerak. Bila tidak demikian berarti kemungkinan diode rusak.
Cara demikian juga dapat digunakan untuk mengetahui mana anoda dan mana katoda dari suatu diode yang gelangnya terhapus.

Cara kerja UJT (Uni Junktion Transistor) adalah seperti switch, UJT kalau masih bisa on off berarti masih baik.
Jangkah pada 10 VDC dan potensio pada minimum, tegangan harus kecil. Setelah potensio diputar pelan -pelan jarum naik sampai posisi tertentu dan kalau diputar terus jarum tetap disitu. Bila jarum diputar pelan- pelan ke arah minimum lagi, pada suatu posisi tertentu tiba- tiba jarum bergerak ke kiri dan bila putaran potensio diteruskan sampai minimum jarum tetap disitu. Bila peristiwa tersebut terjadi, maka UJT masih baik.

Penentuan jenis FET dilakukan dengan jangkah pada x100 penyidik hitam pada Source dan merah pada Gate. Bila jarum menyimpang, maka janis FET adalah kanal P dan bila tidak, FET adalah kanal N.
  Kerusakan FET dapat diamati dengan rangkaian pada gambar. Jangkah diletakkan pada x1k atau x10k, potensio pada minimum, resistansi harus kecil. Bila potensio diputar ke kanan, resistansi harus tak terhingga. Bila peristiwa ini tidak terjadi, maka kemungkinan FET rusak.

Transistor ekivalen dengan dua buah dioda yang digabung, sehingga prinsip pengujian dioda diterapkan pada pengujian transistor. Untuk transistor jenis NPN, pengujian dengan jangkah pada x100, penyidik hitam ditempel pada Basis dan merah pada Kolektor, jarum harus meyimpang ke kanan. Bila penyidik merah dipindah ke Emitor, jarum harus ke kanan lagi.
  Kemudian penyidik merah pada Basis dan hitam pada... Kolektor, jarum harus tidak menyimpang dan bila penyidik hitam dipindah ke Emitor jarum juga harus tidak menyimpang.
Selanjutnya dengan jangkah pada 1 k penyidik hitam ditempel pada kolektor dan merah, pada emitor, jarum harus sedikit menyimpang ke kanan dan bila dibalik jarum harus tidak menyimpang. Bila salah satu peristiwa tersebut tidak terjadi, maka kemungkinan transistor rusak.
Untuk transitor jenis PNP, pengujian dilakukan dengan penyidik merah pada Basis dan hitam pada Kolektor, jarum harus meyimpang ke kanan. Demikian pula bila penyidik merah dipindah ke Emitor, jarum arus menyimpang ke kanan lagi. Selanjutnya analog dengan pangujian NPN.

Rangkaian yang akan diukur diputuskan pada salah satu titik, dan melalui kedua titik yang terputus tadi arus dilewatkan melalui avometer.

Pilih jangkah pada OHM, kemudian ujung kabel probe merah dan hitam disentuhkan dan lakukan zero seting dengan memutar tombol nol.
Contoh Vccore chip:
(ADP3166  ADP3170   ADP3421  AIC1567 CS5322  FAN5056   ITC1709  MAX1710/MAX1711/MAXl712  HIP6004 ,ADP3212'MAX8760,MAX8770,MAX8771,ISL6260,ISL6265A,ISL6266A,ISL62882,ISL6262A
ISL6218CV-T,ISL6269CCR..dll)
Lihat Klasifikasi Integrated circuit untuk keterangan lebih detil di link dibawah ini :

10. KLASIFIKASI (PU)INTEGRATED POWER CIRCUIT
10.1 BATTERY CAHRGER 
ISL88731A
MAX8731
MAX8724
MAX8725
ISL6251A
ISL6255
ISL88731
BQ24745

10.2  VCCORE/CPU CORE/CPU DC/POWER PROCESOR
 ADP3212
MAX8760
MAX8770
MAX8771
ISL6260
ISL6265A
ISL6266A
ISL62882
ISL6262A
ISL6218CV-T
ISL6269CCR

10.3 GPUCORE/GFXCORE/VCVOD/GRAPHIC POWER
MAX8792ETD+T
MAX8792ETD
ISL6263

10.4 POWER SUPLAY/SYSTEM POWER/SYSTEM DC/DC
APL5912
TPS51120
TPS51124
TPS51125
TPS51100
ISL6237
RT8206
MAX1999
MAX8744
MAX8734
MAX8717
TPS51120
TPS51124
ISL6266A
10.5 VDDR/POWER MEMORI/VTERM/DDR PWR
TPS51116EGR
RT8207A
10.6 GPU IO POWER
ISL62872

10.7 THERMAL SENSOR
ADMI032
EMC1402
EMC4402
EMC4401
GMT781
G768B
MAX6642
MAX6657
SMC1423
10.8 CLOCK GENERATOR
ALPRS355B MLF64PIN
CK505
CK408
CK410M
CY2854LVXC
ICS9LPRS387
ICS9LPR600
ICS951412
ICS954213
ICS9LPR363DGLF-T
ICS950810
SLG8SP626
SLG8SP513V
SLG8LP465VTR
SLG8SP553V
SLG8LP55VTR
SLG8SP513VTR
Ketahui Fungsi notebook ic dan chip di link dibawah ini :
10.9 Ketahui fungsi Notebook Notebook ic dan Chip. 
POWER SUPPLY CHIP --------contoh :
MAX1632, 
MAX1904,
MAX1634,
SB3052,
SC1402,
LTC1628 
TMP48U
ADP3160/
ADP3167
ADP3168
APW7060
APL5912
TPS51120
TPS51124
TPS51125
TPS51100
ISL6237
RT8206
MAX1999
MAX8744
MAX8734
MAX8717
TPS51120
TPS51124
ISL6266A
 CHIP --------contoh :(PC97338, PC87392,FDC7N869, FDC37N958, LPC47N227, LPC47N267 PC87591S/ PC 87591L / PC 97317IBW/PC 87393 VGJ PC87591E dll)
 CPU power supply /VCCORE chips --------contoh :
ADP3166 
ADP3170  
ADP3421 
AIC1567
CS5322
FAN5056  
ITC1709 
MAX1710
AX1711
MAXl712
HIP6004
ADP3212
MAX8760
MAX8770
MAX8771
ISL6260
ISL6265A
ISL6266A
ISL62882
ISL6262A
ISL6218CV-T
ISL6269CCR
 Charge discharge(battrery ic control –chip ----------contoh :
MAX745,
  TC490/591
AAI3680
ADP3806
DS2770
LTl505G
MAXl645B
MAX745
MB3878
AAT3680 
SL88731A
MAX8731
MAX8724
MAX8725
ISL6251A
ISL6255
ISL88731
BQ24745

CPU temperature(Thermal sensor) control chip -----------contoh  (MAX1617, MAX1020A, AD1030A, CM8500 MAX1989 DS1620,dll 
Graphics Brand :- contoh (ATI, NVIDIA, S3, NEOMAGIC, TRIDENT, SMI, INTEL, FW82807, and CH7001A,dll
  Ethernet chips :-contoh  (RTL8100, RTL8139, Intel DA82562, RC82540, 3COM, BCM440 LF8423, LF-H80P, H-0023, H0024, H0019, ATPL-119,dll
 Sound audio Chip :- contoh (ESS1921, STAC9704, AU8810 ,4299-JQ, TPA0202 , 8552TS, 8542TS, BA7786, AN12942 AD1885 ALC655 APA2020/TPA0202
PC Card Chip :- (R5C551, R5C552, R5C476, R54472,dll
 PC Card power supply chips :- contoh (TPS2205, TPS2206, TPS2216, TPS2211, PU2211, M2562A, M2563A, M2564A,dll
 COM port chip :- contoh (MAX3243, MAX213, ADM213, HIN213, SP3243, MC145583,dll
 Keyboard-chip :- contoh (H8C/2471, H8/3434, H8/3431, PC87570, PC87591,dll
 Keyboard chip :-contoh  (  H8/3434, H8/3437, H8/2147, H8/2149,  PC87570, PC87591, H8S/XXX M38857, M38867, M38869 …dll…)
 Battery IC :-contoh  :
BQ2040
BQ2060
BQ24700
BQ2470l
BQ24702/
BQ24703
M61040FP
ISL88731A
MAX8731
MAX8724
MAX8725
ISL6251A
ISL6255
ISL88731
BQ24745
 Memory control chip :contoh - (CM8501/CM8501CM8562 , ……)
 Clock IC :-contoh  :
CS950502
CY28404C
ICS9248-153
ICS954218
ICS9248-151
ICS9248-39 ICS950901,
ALPRS355B MLF64PIN
CK505
CK408
CK410M
CY2854LVXC
ICS9LPRS387
ICS9LPR600
ICS951412
ICS954213
ICS9LPR363DGLF-T
ICS950810
SLG8SP626
SLG8SP513V
SLG8LP465VTR
SLG8SP553V
SLG8LP55VTR
SLG8SP513VTR
 lcd back light control :- (MAXl522/MAXl523/MAXl524 OZ960 ,…….dll.) 
Ddr memory power supply :contoh - (MAX8794 NCP5201 SC1486/SCl486A SC2616 TPS51020 ISL6520 ISL6537 CM8501, ISL6224 ISL6225 ,…dll)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel